Selasa, 11 November 2014

Pemukiman Kumuh Kelurahan Tammua Makassar


Hasil Identifikasi Masalah- Masalah di Kelurahan Tammua
Kecamatan Tallo Kota Makassar
A.    Masalah Tata Ruang
1.      Ruang Terbuka Hijau
      RTH, Ruang terbuka hijau  tidak terdapat di kelurahan Tammua, adapun lahan kosong yang berupa kebun dan lapangan merupakan milik warga. Namun masyarakat Kelurahan Tammua sering menggunakan lahan kosong tersbut sebagai tempat bermain dan berolahraga meskipun tidak layak digunakan dan bukan di peruntukan untuk public.
ü  Solusi : Sebaiknya Pemerintah setempat melakukan pembebasan lahan dan menyediakan ruang terbuka hijau yang dapat digunakan sebagai sarana bermain dan berolahraga bagi warg setempat.
2.      Kerapatan Bangunan
      Kelurahan Tammua meruapakan kelurahan dengan kepadatan bangunan yang cukup tinggi, khususnya di Jl. Kamboja RT 4 yang tingkat kerapatan bangunannya sangat tinggi. Selain itu, kondisi jalan yang sempit sementara hampir setiap rumah memiliki kendaraan. Dalam hal ini, masalahnya adalah kerapatan bangunan sehingga tidak tersedia tempat parkir kendaraan maka warga memarkir kendaraannya di pinggir jalan dan menganggu pengguna jalan.
ü  Solusi : Mungkin dapat dilakukan peninjauan terhadap bangunannya, karena setelah melakukan interview di jl Kamboja ini rata-rata status sertifikatnya adalah tanah Negara. Dan terdapat beberapa rumah sewa. Selain itu mungkin perlu dilakukan pelebaran jalan atau penyediaan lahan parkir agar kendaraan warga tidak menganggu pengguna jalan

B.     Masalah social
      Kelurahan Tammua termasuk dalam kelurahan kumuh, selain karena kepadatan bangunan juga dapat dilihat dari kebersihan lingkungan. Sampah berserakan dimana- mana, sementara penyediaan tempat sampah juga masih minim. Kelurahan Tammua juga rawan banjir, salah satu penyebabnya adalah drainase yang sering tersumbat.
ü Solusi : Sebaiknya ada penyuluhan atau kegiatan – kegiatan yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. Dan baik itu pemerintah atau masyarakat sendiri bisa menyediakan tempat sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar